Tuesday, November 29, 2005

 

Menyaring Informasi Dapat Meningkatkan Ingatan

Menyaring informasi-informasi yang tidak berguna dapat membantu seseorang meningkatkan kemampuannya untuk mengingat hal lain yang lebih penting. Demikian hasil penelitian yang disampaikan para ilmuwan AS.

Para ilmuwan dari University of Oregon telah memperagakan bahwa ingatan atau memori yang menyimpan pesan visual, tidak tergantung pada besarnya ruang memori di otak. Namun, baik buruknya memori visual tergantung kemampuan seseorang untuk mengabaikan informasi yang tidak penting.

"Sampai sekarang, diasumsikan bahwa orang-orang yang ingatan visualnya sangat baik memiliki kapasitas memori yang besar di otak," kata Edward Vogel yang memimpin tim peneliti. Padahal, lanjut Vogel, pada dasarnya hal tersebut bekerja berdasarkan bouncer (buka tutup) - mekanisme di otak yang mengatur informasi mana yang perlu memperoleh perhatian dan tidak.

Oleh karena itu, seseorang yang mampu mengatur informasi yang perlu dan yang tidak akan memiliki kemampuan menyimpan memori dengan baik.

Temuan yang dilaporkan dalam jurnal Nature ini juga menyanggah konsep kapasitas memori. Sebelumnya, para ilmuwan yakin bahwa seberapa besar ingatan seseorang tergantung seberapa banyak informasi yang dapat disimpannya dalam waktu tertentu.

Vogel dan timnya percaya bahwa hasil penelitian ini dapat dipakai untuk meningkatkan memori dan memperbaiki cara mendiagnosa dan mengobati masalah kognitif seperti penyakit lemah ingatan dan schizophrenia.

Sumber: AFP
Diambil dari harian Kompas

Comments: Post a Comment

<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?